Senin, 18 Mei 2015

Sinamot Mahal

Apa itu Sinamot????
Kenapa mesti pake sinamot??
Berapa harga Sinamot??

---------------------------------------
     Pertanyaan - pertanyaan seperti ini mungkin pernah muncul dalam pikiran anda yang belum mengerti apa itu tentang sinamot. ya, kaum muda sekarang banyak yang tida mengerti mengapa harus ada sinamot, mengapa harus tinggi sehingga mempersulit bagi yang mau menikah, bisa ga tidak pake sinamot?..
     Sinamot adalah mahar yang harus di bayar pihak keluarga calon mempelai pria kepada pihak keluarga calon mempelai wanita sesuai dengan Kesepakatan Bersama. Sinamot tidak mempunyai ketentuan
atau standar baku yang berlaku jadi isu - isu atau meme yang sering beredar di sosmed itu bohong.
    Sekarang ini banyak pemuda pemuda batak yang berdalih lama menikah dikarenakan mahalnya sinamot, padahal sinamot itu bukan untuk menambah pundi - pundi pihak keluarga calon mempelai wanita melainkan dipakai untuk keperluan pesta/acara adat. Bahkan kebanyakan dalam melaksanakan acara adat menikah yang lebih dirugikan adalah pihak wanita (materi) dibandingan pihak keluarga mempelai pria. lagian... sinamot itu katanya membuat pemuda batak lebih giat bekerja karena sinamot mahal :D :D
   Bukan sinamotnya yang bikin mahal, tetapi acara pestanya. mulai dari sewa gedung/teratak, assessories, music/audio system, jamuan, transportasi apabila acaranya tidak di tempat pihak mempelai pria. Jadi bukan sinamotnya yang mahal...!!!
   Sebenarnya ada cara lain agar terbebas dari sinamot, tetapi ini tidak di anjurkan oleh pemerintah :D :D dan tetua adat. Caranya adalah mangalua, yaitu penikahan yang sah secara agama tetapi belum sah secara adat (mangadati), jadi mangadatinya (agar sah secara adat) bisa menyusul nanti setelah punya cukup tabungan.

     Sebenarnya orang yang mempermasalahkan sinamot biasanya pemuda yang berasal dari kalangan menengah ke bawah (seperti penulis :( ), karena para keluarga yang berasal dari kalangan atas biasanya tak pernah mempermasalahkan sinamot, malah semakin tinggi sinamot itu menandakan bahwa mereka mampu.
    Selama ini mungkin anda berpikiran bahwa dengan besarnya sinamot merupakan hak mutlak pihak wanita yang menentukannya sesuai kemauanya, sebenarnya tidak. semua itu sudah dirundingkan terlebih dahulu oleh utusan dari pihak pria dan pihak keluarga wanita, bila permintaan pihak wanita terlalu tinggi makan pihak pria bisa meminta diturunkan. tapi biasanya pihak keluarga wanita menentukan harga sinamot putrinya sudah dipikirkan secara matang dan sudah di diskusikan bersama keluarga dekat maupun kerabat mereka sehingga tidak memberatkan pihak keluarga pria. Karena tidak seorang pun orangtua menghalangi kebahagiaan putri tercintanya hanya karena sinamot. Di balik itu semua pihak keluarga wanita harus menanggung biaya kado,transportasi,dekke (ikan yang dimasak untuk di bawa pas acara pesta), belum lagi sebagian sinamot dari wanita dibagikan kepada keluarga dekat dan kerabat keluarga pihak wanita.

.... atau bila anda seperti saya seorang perantau dan hanya seorang karyawan biasa yang hidup biasa bisa juga dengan bekerja sama dengan si wanita (sama sama menabung),, Hahahahha sesuai kesepakatan bersama.

dengan tulisan yang singkat ini semoga tidak ada lagi yang menyalahkan sinamot sehingga menjadi alasan untuk perjaka tua hahahha... Semoga Sukses...




1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus